Hari Kesehatan Nasional, Sekda: Sedang Disusun RIBK

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Sekda Banjar, HM Hilman

klikkalimantan.com, MARTAPURA –  Apel kerja gabungan lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Senin (13/11/2023) bersamaan dengan momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59. Apel dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman sebagai inspektur.

Membacakan amanat tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, Sekda Hilman mengatakan, pasca disahkannya UU Nomor 17/2023 tentang Kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan diseluruh Indonesia

“Pesan saya, RIBK harus dipacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” kata Hilman.

Pemerintah pusat, lanjutnya, tidak mampu melakukanya sendiri, hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat. Enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

”Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati menjadi mencegah, kedua transformasi layanan rujukan dari akses layanan kesehatan susah menjadi mudah, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi pembiayaan kesehatan, kelima transformasi SDM Kesehatan dan pilar ke enam transformasi teknologi kesehatan,” tambahnya.

Usai apel, dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan dan hadiah lomba dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023. Penyerahan dilakukan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi didampingi Sekda Banjar HM Hilman, dan Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina. (to/klik)

BACA JUGA :
Gallery Photo Kegiatan DPRD Kota Banjarmasin, Maret 2021

Berita Terbaru

Scroll to Top