Warga Kelurahan Paringin Kota Gelar Doa Tolak Bala Bersama di Area Perkebunan Karet

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
DOA-Warga Desa Haur Batu, Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan menggelar doa tolak bersama di areal perkebunan dan persawahan milik masyarakat setempat.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Warga Desa Haur Batu, Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, menggelar doa tolak bersama yang dilaksanakan di areal perkebunan karet milik masyarakat setempat, Minggu (10/12).

Ketua Karang Taruna Wasaka Parkot Haur Batu, Hendra Hidayat menuturkan, acara ini diinisiasi oleh para pemuda dan bekerjasama dengan kelompok tani, tokoh agama, dan masyarakat di Desa Haur Batu.

Kegiatan ini, kata Hendra, bertujuan untuk membangkitkan kembali budaya tradisional masyarakat yang hampir hilang, yang dahulunya saban tahun saat awal tahun selalu mengadakan selamatan, sekaligus doa tolak bala bersama.

Namun, kata Hendra, sebelum doa tolak bala dan makan bersama dilakukan, terlebih dahulu warga memasak menu makanan di areal perkebunan dan perwasahan di tempat yang sama.

“Untuk dana kegiatan ini berasal dari swadaya masyarakat di lingkungan Desa Haur Batu serta bantuan dari Camat Paringin. Saat acara digelar, setidaknya ratusan warga berkumpul dan berdoa bersama agar kampung aman, damai, dan selamat,” tambah Hendra.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Haur Batu, Karjo menerangkan, bahwa kegiatan tolak bala bersama ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar kondisi desa senantiasa diberikan keberkahan, kesehatan, dan kesempatan kepada seluruh warga dan kampung.

“Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilestarikan untuk menjaga keharmonisan, kerukunan, keberkahan, dan keselamatan Masyarakat di Desa Haur Batu,” harap Karjo.(pr/klik)

BACA JUGA :
BMKG Kalsel akan Gelar Sekolah Lapang Iklim di Kecamatan Martapura Timur

Berita Terbaru

Scroll to Top