Panen Buah dan Sayur di Kebun TP PKK Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PANEN - Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama Ketua TP PKK, Hj Nurgita Tyas saat memanen sayur jenis pare di kebun PKK, Senin (19/2/2024) di Sekumpul Ujung, Martapura. (foto: to/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H Saidi Mansyur bersama Ketua TP PKK Hj Nurgita Tyas menghadiri syukuran panen buah dan sayur, Senin (19/2/2024) di Kebun TP PKK Banjar di Sekumpul Ujung, Martapura. Beberapa jenis sayur dan buah yang dipanen diantaranya; pare dan semangka.

Panen buah dan sayur, kata Bupati Saidi Mansyur, merupakan tonggak awal dalam mewujudkan visi Kabupaten Banjar dalam sektor pertanian. Karena itu, kebun PKK ini harus tetap diberdayakan dan dikembangkan agar menghasilkan lebih banyak lagi buah dan sayur berkualitas.

Kebun PKK, lanjutnya, bukan sekadar lahan pekarangan dan lahan pertanian, tetapi merupakan simbol kesungguhan dalam menghadapi tantangan pangan dan memperkokoh kemandirian dalam hal pertanian

“Dalam menghadapi tantangan ke depan, kita juga harus memperhatikan kedaulatan pangan. Kabupaten Banjar tidak boleh ketergantungan dengan hasil pertanian dari luar daerah. Kita harus terus mengoptimalkan potensi pertanian dan perkebunan lokal agar dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” kata Saidi.

Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas menambahkan, tujuan panen buah dan sayuran ini adalah untuk memberikan contoh kepada kadernya di kecamatan maupun desa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bersifat ekonomi untuk ketahanan pangan keluarga

“Dengan adanya kebun percontohan ini, kader-kader PKK dapat mencontoh dan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanami sayur sayuran, buah buahan, bunga dan lain sebagainya, sehingga dapat menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga,” kata Nurgita Tyas. (to/klik)

BACA JUGA :
Dari Tanah Bumbu, Sapi Bantuan Presiden Bebas PMK

Berita Terbaru

Scroll to Top