Gertak PSN, Cara Pemkab Banjar Berantas Sarang Nyamuk Sekali Sepekan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Yasna Khairina, Kepala Dinkes Kabupaten Banjar

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pencanganan Hari Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN), Selasa (20/2/2024) di Pendopo Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura. Kegiatan dihadiri Kepala Dinkes, Yasna Khairina.

Menurut Yasna, ini langkah konkret serta proaktif pemerintah daerah dalam mencegah dan memberantas sarang nyamuk, salah satunya dengan melakukan pengecekan di rumah-rumah warga dan menguras air yang menggenang, guna memberantas tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti.

Lebih lanjut menurutnya, Gertak PSN dilaksanakan menyeluruh di wilayah Kabupaten Banjar. pemberantasan sarang nyamuk akan dilakukan setiap satu pekan sekali melibatkan masyarakat secara langsung.

Berdasarkan data yang diperoleh pada 2024, lanjut Yasna, total kasus DBD di Kabupaten Banjar sedikitnya 266 selama 2 bulan ini. “Pada Januari lalu sebanyak 193 kasus dan Februari 73 kasus dengan jumlah meninggal dunia sedikitnya 2 orang salah satunya warga di Kecamatan Martapura Timur,” rincinya.

Namun menurutnya, dua yang meninggal dunia murni bukan karena penyakit DBD tetapi memang ada riwayat penyakit penyerta lainnya yang ada pada tubuh pasien “Disamping itu, kami juga menyerahkan tanaman untuk mengusir nyamuk, seperti sereh dan bunga lavender bahkan obat untuk membunuh jentik nyamuk,” imbuhnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Rangkaian Peringatan Hari Santri Pungkas, H Masruri: Ajang Silaturahmi

Berita Terbaru

Scroll to Top