HUT Ke-105 Damkar, Sekda: Tangani Puluhan Ribu Penyelamatan Sepanjang 2023

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) HM Hilman memimpin apel kerja gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, Senin (4/3/2024) di halaman Kantor Bupati Banjar di Martapura. Apel sekaligus memperingati HUT Damkar ke-105 .

Membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, Sekda Hilman mengatakan, peran pemadam kebakaran dan penyelamatan telah menjadi krusial dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat. Berdasarkan Laporan Nasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan 2023, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan telah menangani sejumlah 13.485 kejadian kebakaran disepanjang 2023.

“Operasi penyelamatan non kebakaran juga juga menjadi fokus utama, sebanyak 24.741 operasi dilakukan pada tahun yang sama,” kata Hilman.

Menurutnya, Kemendagri berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di seluruh Indonesia. “Inisiasi pembentukan jabatan fungsional pemadam kebakaran dan analis pemadam kebakaran serta pengakomodiran jabatan fungsional tersebut untuk diisi oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi langkah penting dalam upaya tersebut,” imbuhnya.

Ditambahknnya, pentingnya penguatan aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan juga tercermin dalam peningkatan kapasitas melalui pendidikan dan pelatihan. “Hingga saat ini ribuan aparatur telah mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam lembaga lainnya,” kata Hilman. (to/klik)

BACA JUGA :
149 Bidan Desa Terima Sepeda Motor

Berita Terbaru

Scroll to Top