Satu Desa Satu Mesin Pemadam di Kabupaten Balangan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
FOTO BERSAMA-Sekda Balangan, H Sutikno, Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi dan peserta saat berfoto bersama di acara Bimtek Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran Desa se-Balangan 2024 sesi pertama di Paringin, Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Bupati Kabupaten Balangan, H Abdul Hadi hendak memberikan bantuan satu desa satu pemadam kebakaran. Tindak lanjut dari visi dan misi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan terlebih dahulu menggelar Bimtek Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran Desa se-Balangan 2024 sesi pertama.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan, pelaksanaan bimtek ini diikuti oleh perwakilan desa dari Kecamatan Paringin, Paringin Selatan, Lampihong, dan Kecamatan Awayan, yang bertujuan untuk menyiapkan personel dalam mengoperasionalkan mesin pemadam kebakaran nanti. Sedangkan desa di kecamatan lainnya menyusul di bimtek pada sesi kedua.

“Mereka yang mengikuti bimtek ini, selanjutnya akan menjadi anggota relawan damkar di desa yang bisa saja berasal dari masyarakat umum, linmas, maupun anggota BPK yang ada di desa setempat,” ujar H Rahmi di Paringin, Balangan, Senin (4/3).

Untuk keanggotaan relawan sendiri, kata H Rahmi, minimal 12 orang yang nantinya akan di-SK-kan oleh desa, kemudian selanjutnya akan dilakukan pendataan guna dimasukkan keanggotaannya kedalam database aplikasi Kemendagri, yaitu siredkar.

“Itulah tujuan dari bimtek yang diperuntukkan bagi desa yang sudah menerima bantuan mesin alkon dari Pemkab Balangan,” tukas H Rahmi.(pr/klik)

BACA JUGA :
Pemuda yang Nekat Lakukan Aksi Bunuh Diri Diduga Warga Kota Banjarbaru

Berita Terbaru

Scroll to Top