DPRD Balangan Terus Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ahsani Fauzan, Ketua DPRD Balangan

klikalimantan.com, PARINGIN – Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan terus mendorong pengembangan produk-produk dari para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Balangan.

Dimatakan Ahsani Fauzan, Kamis (25/1/2024) pengusaha rumah industri Balangan terus mampu berproduksi yang berdaya saing. Namun, sebelum ke pasar global hendaknya bisa menguasai pasar lokal dulu, baru kemudian beranjak ke pasar global.

“Mampu berdaya saing di pasar Global sangat perlu dan layak dipacu, kami setuju bila pelaku UKM di Kabupaten Balangan ini sering ikut dalam kegiatan pameran industri dan perdagangan lokal dan nasional,” ujar Fauzan.

Politisi Kabupaten Balangan ini meminta kepada pelaku UKM terus belajar berkreasi dan berinovasi produksinya, karena kejelian membaca peluang pasar juga perlu mencermati selera pasar yang ada.

Sehingga tutur Fauzan, produksinya terus meningkat dan mendapat tempat di hati para konsumen.

Fauzan menambahkan bahwa produktivitas dan kreativitas mutlak diperlukan dan tidak main-main, karena faktor kreativitas sangat menentukan konsumen untuk membeli.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Balangan Ribowo menerangkan, ada beberapa tugas pokok yang pihaknya jalankan untuk mengembangkan UMKM di Balangan, yaitu mulai dari pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan IKM serta UMKM.

Ribowo melanjutkan pembinaan dilakukan langsung oleh pihaknya maupun dari provinsi, lalu menjalin kerjasama bagi pelaku UMKM yang nantinya dapat dilihat dari kemampuan, pengembangan dan kualitas, serta produk yang bisa diterima di pasaran.

Diketahui Kabupaten Balangan sedikitnya memiliki sebanyak 17 usaha menengah kecil mikro (UMKM) unggulan yang dinaungi oleh Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan yang mana telah memiliki produk berkualitas dan pemasarannya pun sudah ke luar daerah. (di/klik)

BACA JUGA :
ELH Senang 'Mengawah' Bersama Warga di Cempaka

 

Berita Terbaru

Scroll to Top