Sekdako Ingatkan Terus Siaga Karhutla

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

KLIKKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru mewanti-wanti agar petugas terus siaga untuk memadamkan kebakaran di wilayah Kota Banjarbaru. Terutama untuk objek vital seperti Bandara Syamsudin Noor.

Walaupun beberapa hari terakhir ini turun hujan, namun tak boleh membuat petugas terlena dan tidak siaga. Pasalnya hujan yang terjadi hanya sesekali dan saat ini masih masuk dalam musim kemarau.

“Saat ini potensi kebakaran lahan dan hutan masih ada, dan belum berakhir. Untuk itu kita harus terus waspada dengan Karhutla,” ujar Setdakko H Said Abudllah.

Said Abdullah mengatakan kebakaran lahan yang terjadi di Banjarbaru juga sudah merembet ke rumah warga, untuk itu siaga kebakaran lahan harus lebih intensif.

Sekdako mengaku kecewa lantaran belum maksimalnya sumur bor yang dibuatkan oleh Badan Restorasi Gambut di Banjarbaru. Hal itu dikarenakan hanya 30 persen sumur yang bisa diambil airnya untuk penyiraman.

Dampak dari kebakaran lahan yang kini terjadi di Banjarbaru sudah meresahkan. Pasalnya dari kebakaran tersebut membuat kabut asap di daerah sekitar.

Kebakaran lahan di Guntung Damar, Kelurahan Syamsudin Noor, sebut Said, mengganggu kawasan Bandara dan SMPN 15 Banjarbaru serta sekolah lain terdekat.

“Banjarbaru kota padat penduduk, dibandingkan kebakaran di kawasan hutan atau sepi penduduk, kalau sampai Banjarbaru yang mengalami kebakaran lahan besar maka akan lebih banyak masyarakat yang terganggu,” jelasnya. (RUL)

BACA JUGA :
Wali Kota Imbau Camat dan Lurah Sukseskan Program Herd Immunity

Berita Terbaru