Bappedalitbang Banjar Gelar FGD Bahas Penyusunan Analisis Data Perencanaan Pembangunan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapeppedalitbang) menggelar Focus Group Discussion (FGD), Rabu (15/5/2024) di Aula Bauntung kantor Bappedalitbang setempat di Martapura.

Dibuka Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi (PPE), Mujahid yang hadir mewakili Kepala Bappedalitbang, Nashrullah Shadiq, FGD membahas penyusunan analis data perencanan pembangunan dengan materi paparan analisis kondisi ekonomi global, nasional, dan Kalsel.

Dari FGD yang digelar, kata Mujahid, ada hasil didapat dari analisa narasumber dari Badan Pusat Statistik terhadap indikator makro. Diharapkan pula, ada saran masukan terhadap target yang telah ditetapkan.

“Data BPS merupakan sumber data pendorong yang bisa dipertanggungjawabkan terhadap perencanaan pembangunan dalam pelaksaanaan program pembangunan di Kabupaten Banjar. Semoga dapat memperkaya khasanah dalam penyusunan dokumen perencanaan,” kata Mujahid.

Ahmad Murzani, naramumber dari BPS Kalsel memaparkan ikhwal Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Gender, Indeks Pemberdayaan Gender serta Kemiskinan dan Kesenjangan.

“Trend IPM mulai tahun 2023 menggunakan satu dimensi kesehatan dari tiga dimensi IPM yaitu Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Untuk kesehatan sudah memakai data sensus terbaru yaitu 2020. Oleh karena itu angkanya dicasting sampai tahun 2020 atau dihitung ulang hanya untuk dimensi kesehatan,” kata MUrzani. (to/klik)

BACA JUGA :
Penyerahan Hadiah Lomba Desa, Bupati: Lebih Banyak Lagi Menuju Desa Mandiri

Berita Terbaru

Scroll to Top