Tahun Kedua, UKW Angkatan XXII PWI Kalsel Didukung PLN UIP3B Kalimantan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENERANGKAN-Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN UIP3B Kalimantan, Sulistya Aji Wibawa saat menerangkan tugas dan fungsi unitnya di PT PLN (Persero) UPT Banjarbaru ketika Pra UKW Angkatan XXII di Aula Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin.(to/klik)

klikkalimantan.com, BANJARMASIN–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, bersama PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan, kembali akan melaksanakan Uji Komptensi Wartawan (UKW). Teragenda, UKW Angkatan XXII akan dilaksanakan 11 – 12 Juli 2024.

Mengawali itu, dilaksanakan kegiatan Pra UKW Angkatan XXII, Kamis (30/5/2024) di Aula Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin. “Ini tahun kedua, pelaksanaan UKW PWI Kalsel didukung PLN melalui UIP3B Kalimantan. Sebelumnya, pada 2023 kegiatan yang sama juga dilaksanakan,” kata Zaenal Helmie, Ketua PWI Kalsel saat membuka kegiatan.

Diikuti 36 wartawan dari sejumlah wilayah di Kalsel, menurut Helmie, UKW yang akan dilaksanakan untuk tiga jenjang; Muda, Madya, dan Utama dengan materi uji yang berbeda pula. Karena itu, kegiatan Pra UKW ini penting sebagai bekal awal sebelum pelaksanaan. “Bukan untuk memberikan jawaban soal, tapi setidaknya ada kisi-kisi yang perlu diketahui peserta UKW,” ujarnya.

Sulistya Aji Wibawa, Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN UIP3B Kalimantan yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan, mendukung pelaksanaan UKW merupakan bentuk komitmen jajaran PT PLN, utamanya UIP3B dalam upaya peningkatan kompetensi para wartawan.

Karena faktanya, kata Sulis, masih ada lebih dari seribu wartawan di Kalimantan belum mengikuti dan memiliki sertifikat uji kompetensi sesuai ketentuan. “Sama halnya orang yang mengendarai sepeda motor. Uji kompetensi ini adalah SIM-nya,” kata Sulis.

Melalui UKW yang rencanaya masih akan dilaksanakan bersama PWI hingga 2025 ini pula, Sulis berharap akan lebih banyak lagi wartawan berkompeten dalam menghasilkan berita-berita akurat, akuntabel, dan berimbang,” kata Sulis. (to/klik)

BACA JUGA :
Sopir Truk Keluhkan Kurangnya Ketersediaan Solar di SPBU Paringin

Berita Terbaru

Scroll to Top