DKP3 Balangan Nyatakan Daging Kurban Sehat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kabid Peternakan DPK3 Balangan, Mariani.(dok/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menyatakan bahwa hasil pemantauan terhadap daging kurban hasil penyembelihan pada beberapa tempat di hari raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/6/24) lalu, tak ditemuan adanya penyakit menular bagi yang mengkonsumsi daging tersebut.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil pemeriksaan post mortem atau setelah meninggalnya sapi pada hati, jantung, limpa, paru-paru, dan ginjal semuanya aman karena tidak ditemukan adanya penyakit pada daging kurban,” terang Kabid Peternakan DKP3 Balangan, Mariani di Paringin, Kamis (20/6/24).

Bahkan, kata Mariani, DKP3 Balangan tak pernah mendapi hewan kurban baik sapi maupun kambing yang tak lulus uji kesehatan. Semuanya sudah uji kesehatan dan dinyatakan sehat, sehingga layak untuk dikonsumsi.

Hasil uji tersebut, tambah Mariani, tentunya merupakan hasil dari pemeriksaan ante mortem atau sebelum meninggal yang terus dilakukan secara berkala dan menyeluruh kepada seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

“Seandainya kami mendapati ada hewan kurban yang tak lulus uji kesehatan, maka hewan kurban itu pun tak akan kami perbolehkan untuk beredar di peternakan yang ada di Kabupaten Balangan,” kata Mariani.(pr/klik)

 

BACA JUGA :
Pelaku IKM di Kota Banjarbaru Terima Bantuan

Berita Terbaru

Scroll to Top