M Rofiqi, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Banjar

klikkalimantan.com – Pernyataan Bupati Banjar H Khalilurrahman maju sebagai petahana di pilkada 2020 Kabupaten Banjar telah terlontar. Jalur partai politik (parpol) dipastikan akan ditempuh. Partai Gerindra berpeluang yang akan menjadi jukung politik Guru Khalil, sapaan akrab H Khalilurrahman untuk memimpin periode keduanya, 2021 – 2026.

Sinyal kuat bakal diusung partai besutan Prabowo Subianto, kendati saat masa penjaringan bakal calon bupati, Guru Khalil tak ikut mendaftar terungkap saat pertemuannya dengan M Rofiqi, Ketua DPRD Kabupaten Banjar yang juga Ketua DPC Partai Gerindra di kediaman pribadinya bupati di Jalan Perwira, Martapura, Selasa (14/1/2020) lalu sekitar pukul enam petang.

Kendati ditanya saat itu , Rofiqi menampik bertemu bupati untuk pembicaraan politik. Ia mengatakan sekadar silaturahmi dan salat berjamaah.
Namun sepekan berselang, Rofiqi perlahan mulai meralat pernyataan sebelumnya. Ditemui usai rapat paripurna, Senin (20/1/2020) ia menuturkan keterbukaan parpolnya untuk bakal calon bupati yang akan diusungnya nanti. Tak terkecuali untuk figur yang tak ikut mendaftar pada masa penjaringan bakal calon kepala daerah beberapa waktu lalu.

“Kami terbuka terhadap setiap opsi, karena partai kita bersifat demokratis. Siapa pun yang melamar ke parpol, namun keputusan tetap ditentukan Pak Prabowo, dan kami pun tidak akan menghalang-halangi keputusan berdasarkan pertimbangan Dewan Pembina Pusat yang melihat dari elektabilitas maupun hasil survei,” kata Rofiqi.

Rofiqi mengakui, meski beberapa waktu lalu Guru Khalil sempat menyatakan tak akan maju sebagi calon bupati, Namun, tingkat popularitasnya masih tinggi yakni, diperingkat satu sebagai bakal calon.

“Kalau kita berbicara penyataan Bupati Banjar beberapa waktu lalu, itukan hanya strategi politik untuk mengetahui siapa saja bakal calon yang akan maju,” pungkas Rofiqi membenarkan Guru Khalil bakal maju pada pilkada nanti.(zai/klik)