Pemkab Banjar Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023) si pelataran Kantor Bupati Banjar di Martapura. Mengusung tema besar ‘ Pancasila Pemersatu Indonesia Maju’, upacara dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Banjar, Habib Idrus Al Habayie sebagai inspektur.

Dalam amanatnya, Wabup Habib Idrus menyampaikan, makna Hari Kesaktian Pancasila diperingati 1 Oktober saban tahunnya ini agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia. Utamanya dengan mengenang tujuh anggota TNI AD yang tewas di Lubang Buaya pada 30 September 1965.

Tujuh anggota TNI AD yang gugur pada G30-S ini terdiri dari enam jendaral dan satu kapten. Mereka adalah Jenderal TNI (Anumerta) Ahmad Yani, Letnan Jenderal TNI (Anumerta) R Soeprapto dan Letnan Jenderal TNI (Anumerta) S Parman

Saat upacara, Wabup Habinb Idrus juga membacakan teks Pancasila diikuti selurub peserta. Sedangkan teks UUD 1945 dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Masruri. Dan pembacaan ikrar hari kesaktian pancasila oleh Anggota DPRD Banjar Rahmat Saleh.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, HM Hilman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan siswa SMP – SMA. (to/klik)

BACA JUGA :
Bupati Lepas Rombongan DPC APDESI Kabupaten Banjar ke Batola
Scroll to Top