Pemkab Balangan Bangun Infrastruktur Perhubungan Tunjang Konektivitas Menuju IKN Nusantara di Kaltim

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PEMASANGAN-Seorang pekerja tengah memasang rambu lalu-lintas di Kota Paringin, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Untuk menunjang konektivitas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kaltim, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, tengah mempersiapkan sarana prasarana perhubungan di Balangan.

Terlebih, Balangan berada di jalur strategis transportasi darat menuju IKN Nusantara. Oleh sebab itu, pada Hari Perhubungan Nasional  (Harhubnas) tahun ini yang mengusung tema: Transportasi Maju, Nusantara Baru, pemerintah akan menganggarkan dana pembangunannya melalui Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Balangan.

“Saat ini, untuk mengurangi lokasi rawan kecelakaan, Dinas Perhubungan Balangan menambah fasilitas keselamatan jalan. Di antaranya pemasangan rambu dan alat penerangan jalan di Kota Paringin,” ujar Kabag Administrasi Pembangunan Setda Balangan, Taufiqurrahman di Paringin, Selasa (17/9/2024).

Dikatakan Taufiq, dari monitoring Bagian Administrasi Pembangunan mendapatkan informasi bahwa tahun ini sedang dikerjakan penyelesaian target pemasangan 2.403 unit penerangan jalan, 22 unit lampu solar cell, 40  unit traffic warning light, dan 50 unit rambu, dan perlengkapan jalan lainnya.

“Sebaran pemasangan sarana dan prasaran jalan tersebut, lokasinya berada di seluruh jalan yang ada di Kabupaten Balangan,” kata Taufiq.

Selain itu, tambah Taufiq, Pemkab Balangan juga menjalankan revitalisasi terminal di Kota Paringin. Revitalisasi itu mengedepankan konsep modern dan penambahan fasilitas layanan lainnya.

Untuk tahapan revitalisasi terminal itu, lanjut Taufiq, sebenarnya sudah dimulai pada tahun lalu, sejak penyusunan studi kelayakan relokasi terminal oleh Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Inovasi Daerah, yang lokasi baru terminalnya berada di pinggir jalan nasional, yakni Jalan A Yani, tepatnya di samping Masjid Al Akbar Paringin.

“Sekarang ini, progres pembangunannya baru sampai pekerjaan dinding penahan tanah dan jalan. Namun, diperkirakan seluruh fasilitas terminal akan selesai pada tahun 2028 nanti,” tutup Taufiq.(pr/klik)

BACA JUGA :
Covid Bermutasi, Wartono: Anak-anak Pun Tak Kebal Lagi
Scroll to Top