TMMD Ke-109 Berlokasi di Desa Sumber Makmur dan Desa Wonorejo

(Foto : klik)

BATULICIN – Kegiatan bakti Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun 2020 ini dilaksanakan di Desa Sumber Makmur dan Desa Wonorejo, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dengan melibatkan 150 personel TNI.

Kegiatan TMMD Ke-109 ini dimulai sejak Minggu 20 September 2020 kemarin, namun diresmikan oleh Bupati Tanbu H Sudian Noor bersama Danrem 101/Antasari Banjarmasin Brigadir Jenderal TNI Firmansyah, didampingi Dandim 1022/Tanbu, pada Selasa 22 September 2020.

Sebanyak 150 personel yang terlibat tersebut terdiri dari komandan dan staf Satgas sebanyak 15 orang, tim asistensi penyuluh 25 orang, dan SSK TMMD sebanyak 110 orang.

Bentuk kegiatan TMMD Ke-109 ini berupa pengerasan jalan sepanjang 2.362 meter dengan lebar median jalan 7 meter, pembuatan drainase dengan struktur beton di atas gorong gorong, rehab rumah sebanyak 3 buah, dan rehab mushala 1 buah.

Kegiatan TMMD 109 ini menggunakan anggaran APBD Kabupaten Tanbu sebesar Rp1.396.640.000, anggaran DPMPD sebesar Rp85.000.000, dan anggaran dari komando atas sebesar Rp482.500.000, dengan rentang pengerjaaan kegiatan bakti sosial selama satu bulan, sejak tanggal 20 September hingga 21 Oktober 2020.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Kodim 1022/Tanbu melaksanakan bakti sosial berupa pelayanan KB Kesehatan, donor darah, pelayanan mobile KTP, pasar murah, penyuluhan wawasan kebangsaan, karhutla, pertanian, lalulintas, rekrutmen TNI, dan protokol kesehatan.

Untuk diketahui, kegiatan TMMD ini diikuti juga oleh unsur TNI AL, Polri, dan masyarakat.

Dalam sambutanya, Bupati Tanbu H Sudian Noor nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud kepada Komandan Korem 101/Antasari Bapak Brigadir Jenderal TNI Firmansyah.

“Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” katanya.

Karena lebih kurang satu bulan ke depan, papar Bupati Sudian, para prajurit bersama pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu akan bekerjasama dan bersinergi dalam pelaksanaan Program TMMD Ke-109 ini.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan akan terbangun sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Antara lain dengan menyiapkan infrastruktur dan mengakselerasi berbagai Program Pemerintah Daerah, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya tekankan, untuk lebih mengutamakan faktor keamanan, baik personel maupun materiil, selama dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ini,” ujarnya.

Pembukaan TMMD tersebut ditandai dengan penyerahan alat kerja kepada perwakilan TNI, Polri, dan Linmas. Usai kegiatan tersebut, Bupati bersama Danrem dan Dandim meninjau lokasi TMMD.(mud/klik)

Advnativ