Banjarbaru Tahun Ini Dapat Rp3 Miliar dari “Kotaku”

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru tahun ini mendapat kucuran anggaran Rp3 Miliar dari pemerintah pusat untuk penanganan kawasan permukiman kumuh dalam program “Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)”.

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Banjarbaru Wartono pada Rapat Rencana Penanganan Kawasan Kumuh Kota Banjarbaru dengan agenda Penyerahan Kegiatan Cash For Work (CFW) Program KOTAKU Tahun Anggaran (TA) 2021, Kamis (29/4/2021) di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Banjarbaru.

Dikatakan Wartono, “Kotaku” yang merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini akan dilaksanakan di 10 kelurahan di Banjarbaru. Pelaksanaannya meliputi pemeliharaan dan perbaikan aset infrastruktur yang pernah dibangun dengan melibatkan masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan begitu diharapkan akan dapat membantu mendorong perekonomian masyarakat terdampak pandemi covid-19.

Tentang kawasan permukiman kumuh di Banjarbaru dikatakan Wartono, pada 2014 tercatat kawasan kumuh seluas 349,12 hektare. Terus berkurang saban tahunnya. Dan di 2020 luas kawasan kumuh di Banjarbaru menjadi 127,52 hektare. (to/klik)

Advnativ