Forkopimcam Astambul Gelar Razia Vaksin di Beberapa Desa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Poto : Forkompimcam Astambul Gelar Razia Vaksin di Beberapa Desa/klik

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dukung percepatan program vaksinasi di Kabupaten Banjar, Polsek Astambul bersama aparat Desa Pingaran Ilir, Kecamatan Astambul, menggelar razia warga yang belum divaksin.

Warga yang terjaring razia dan tak dapat menunjukkan surat atau sertifikat sudah divaksin, maka jajaran Polsek Astambul bersama Linmas Desa Pingaran Ilir terpaksa memberhentikan perjalanan mereka.

Kemudian, warga tersebut divaksinasi terlebih dulu oleh vaksinator dari Palang Merang Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar di Posko Kesehatan dadakan, sebelum melanjutkan perjalanan.

Di sela memimpin razia tersebut, Kapolsek Astambul, IPTU Margito mengatakan, razia tersebut dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Banjar pada 29 November 2021 lalu, agar melaksanakan razia vaksin untuk mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dalam melakukan percepatan program vaksinasi.

“Kegiatan razia ini kita lakukan setiap hari dari pagi hingga sore. Untuk hari ini sudah kita laksanakan razia vaksin di beberapa titik. Yakni di Desa Keliukan, Lok Gabang, Sungai Tuan Ulu, Limamar, Kelampayan Ulu tepatnya di depan Kubah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan), Astambul Seberang, Astambul Kota di depan Kecamatan Astambul, dan Puskesmas Astambul, yang dilanjutkan sore di pertigaan jalan Desa Pingaran Ilir, untuk memberikan layanan vaksin gratis kepada masyarakat,” bebernya kepada klikkalimantan.com, Senin (27/12/2021) sekitar pukul 17.00 Wita.

IPTU Margito mengimbau masyarakat di Kecamatan Astambul agar turut mendukung penuh program percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjar, guna memutuskan penyebaran wabah Covid-19.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Astambul, Dedi Kurniadi, mengatakan, dari 70% jumlah penduduk di 22 desa Kecamatan Astambul, atau sekitar 36.000 jiwa, tercatat sebanyak 25.586 jiwa penduduk yang wajib vaksin.

BACA JUGA :
DPRD Balangan Tetapkan Abdul Hadi-Supiani sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

“Untuk total jumlah masyarakat kita yang sudah tervaksin hingga kemarin tercatat lebih dari 20.000 jiwa, belum termasuk data untuk hari ini yang kemungkinan tercatat sekitar 800 orang lebih yang sudah tervaksin. Karena hari ini kita sudah melaksanakan kegiatan di beberapa titik, seperti yang kita laksanakan di pertigaan jalan Desa Pingaran Ilir hari ini,” katanya.

Pejabat definitif Sekretaris Camat (Sekcam) Astambul ini menilai, masyarakat di Kecamatan Astambul sebenarnya sangat antusias mengikuti program vaksinasi. Namun, harus difasilitasi.

“Karena mereka malas mendatangi tempat-tempat yang menggelar vaksinasi, seperti yang dilaksanakan Puskesmas Astambul. Jadi, harus kita yang proaktif, dan insya Allah target vaksinisasi di Kecamatan Astambul akan tercapai,” ujarnya.

Pernyataan optimisme tersebut diungkapkan Dedi Kurniadi, dikarenakan capain program vaksinasi di wilayah Kecamatan Astambul selalu berada di ranking 1 terbanyak dari 19 kecamatan lainnya.

“Meskipun pun kita sempat berada di urutan ke-6 terbanyak melaksanakan program vaksinasi dari 20 kecamatan. Namun, selama 3 kali berturut-turut kita berhasil melaksanakan vaksinasi untuk 1.000 orang lebih di wilayah Kecamatan Astambul,” ujarnya.

Perlu diketahui, berdasarkan data update Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar, capaian program vaksinasi di Kabupaten Banjar hingga saat ini sudah berada di 54,08% untuk mendekati capaian target program vaksinasi di 70%.(zai/klik)