Matangkan Persiapan Pemilu 2024, Komisi I DPRD Gelar RDP

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Matangkan persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi I DPRD gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, Selasa (3/1/2023).

“Hari ini kami membahas mengenai kesiapan Pemilu 2024 bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Banjar selaku penyelenggara Pemilu. Diantaranya terkait soal pemuktahiran Data Pemilih Tetap (DPT). Kalau berkaca dari penyelenggaraan Pemilu di tahun-tahun sebelumnya, terkait DPT ini selalu terjadi permasalahan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi,” kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banjar, H Abdul Razak.

Dengan adanya evaluasi tersebut, beber politisi Golkar ini, persoalan DPT diharapkan tidak akan terjadi lagi pada penyelenggaraan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

“Karenanya, KPU dan Bawaslu Kabupaten Banjar sudah berkomitmen akan mengawal setiap tahapan Pemilu, agar berjalan dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, Abdul Razak juga menjelaskan bahwa terkait persoalan Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang memperoleh nilai tertinggi dalam tes tertulis, tapi dinyatakan tidak lulus dan ramai diberitakan sejumlah media juga telah dibahas dalam RDP tersebut.

“Terkait permasalahan perekrutan PPK juga sudah kita bahas, dan telah mendapat penjelasan dari KPU. Bahkan, Bawaslu juga menyatakan terkait persoalan tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran administrasi. Artinya sudah clear,” ucapnya.

Pernyataan serupa juga diungkapkan Fajeri Tamzidillah selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar.

“Yang jelas, kita sudah melakukan pengawasan di setiap tahapannya, dan selalu menyampaikan imbauan terkait proses perekrutan PPK agar sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang berlaku,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Fajeri Tamzidillah, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembahasan terkait pengawasan Bawaslu terhadap penataan Daerah Pemilihan (Dapil).(zai/klik)

BACA JUGA :
Polres Banjar Musnahkan 2,5 Kg Sabu

Berita Terbaru

Scroll to Top