Pemdes Awang Bangkal Barat Bangun Agrowisata

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Desa Awang Bangkal Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, yang sebelumnya meraih penghargaan sebagai ‘Desa Terbaik Bukan Tanpa Alasan’ se- Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali meluncurkan inovasi baru guna mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes).

Setelah sukses dengan beragam inovasi berbasis online guna mensejahterakan masyarakat, kini Pemerintah Desa (Pemdes) Awang Bangkal, membangun lokasi Agrowisata di danau Desa Awang Bangkal Barat yang mulai dikerjakan sejak pertengahan 2022 lalu.

Selain berpotensi mendongkrak PADes, destinasi wisata yang akan menyajikan berbagai wahana hiburan, tempat pemancingan, dan lesehan terapung dilengkapi mesin motor penggerak tersebut, digadang-gadang bakal menyerap ratusan tenaga kerja.

“Untuk karyawan di tempat agrowisata, nantinya kita akan mempekerjakan para wanita. Baik untuk petugas parker maupun keamanannya. Sedangkan untuk juru masaknya, kita memberdayakan ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Untuk pramusaji dari kalangan Karang Taruna yang sudah terbukti cepat dan cekatan dalam memberikan layanan,” ujar Kepala Desa (Kades) Awang Bangkal Barat, Pajrul Rifani pada, Rabu (22/2/2023).

Pajrul Rifani menargetkan pembangunan agrowisata yang menggelontorkan dana Rp9,5 Miliar lebih sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) tersebut, akan rampung dan diresmikan pada Juni 2023 mendatang.

“Mudah-mudahan selesai sesuai target. Karena saat ini progresnya sudah mencapai 50%. Di lahan agrowisata seluas 4 hektare tersebut kita akan membangun gajebo berukuran 3X3 M2 sebanyak 20 unit, dan 2 unit gajebo berukuran 3X12 M2. Rencananya kita juga akan membangun gajebo berukuran sekitar 10X20 M2 yang dapat difungsikan sebagai tempat pertemuan atau rapat,” bebernya.

Munculnya ide pembangunan agrowisata di Desa Awang Bangkal Barat yang dilengkapi tempat pemancingan ikan tersebut, dikatakan Pajrul Rifani dilatarbelakangi karena hobi memancingnya.

BACA JUGA :
Jadi Atensi, Komisi 3 Kembali Sambangi Pembangunan Jembatan HKSN

“Awalnya kami hanya ingin membangun rumah makan di atas danau. Namun, kalau hanya rumah makan, pasti kurang menarik minat pengunjung. Karena itu, kita berencana membangun kolam pemancingan ikan dilengkapi wahana hiburan lainnya yang dapat dinikmati semua pengunjung,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top