Selama 2023, Angin Puting Beliung Hancurkan 381 Rumah di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Pemerintah Kabupaten Banjar menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sepanjang 2023 hingga November ini, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebanyak 33 kejadian bencana angin puting beliung telah menerpa 51 desa pada 14 kecamatan di Kabupaten Banjar.

Akibatnya, sebanyak 381 unit rumah yang dihuni 397 Kepala Keluarga (KK) dengan total 1.288 Jiwa mengalami kerusakan dengan berbagai kategori. Mulai dari rusak ringan, sedang, hingga mengalami rusak berat.

“Atas kejadian tersebut, tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui BPBD sudah menyalurkan bantuan logistik untuk masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung,” ujar Warsita selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Banjar, Selasa (14/11/2023).

Dari 14 kecamatan yang terdampak bencana angin puting beliung, lanjut  Warsita, terparah terjadi di wilayah Kecamatan Sungai Tabuk. Yakni tercatat sebanyak 189 unit rumah di 10 desa yang dihuni 198 KK rusak diterjang angin puting beliung.

“Total ada empat kejadian, dan 639 Jiwa terdampak bencana angin puting beliung,” ucapnya.

Terbanyak kedua, terjadi di Kecamatan Kertak Hanyar. Yakni sebanyak 63 unit rumah yang dihuni 63 KK dengan 191 Jiwa, terdampak bencana angin puting beliung dengan total 3 kali kejadian di 6 desa.

Selanjutnya di Kecamatan Tatah Makmur dengan total 3 kejadian di 6 desa, dengan jumlah 39 unit rumah yang dihuni 40 KK (124 jiwa) rusak diterjang angin puting beliung.

“Di Kecamatan Cintapuri Darussalam tercatat sebanyak 3 kejadian, dan 29 unit rumah warga yang dihuni 29 KK dengan 117 Jiwa di 3 desa mengalami kerusakan. Kecamatan Gambut ada 3 kejadian di 6 desa, dengan total rumah terdampak sebanyak 28 unit, dengan jumlah 28 KK, 87 Jiwa,” beber Warsita.

Sedangkan untuk di kecamatan lainnya, yakni di Kecamatan Martapura Barat terdata sebanyak 10 unit rumah terdampak, Aluhaluh sebanyak 9 unit rumah, dan di Kecamatan Martapura Timur, Mataraman, dan  Beruntung Baru masing-masing terdata 3 unit rumah terdampak, Kecamatan Martapura  hanya, 2 unit  rumah, begitu juga di Kecamatan Astambul, Sambung Makmur dan Kecamatan Karang Intan hanya terdata 1 unit rumah yang terdampak.(zai/klik)

BACA JUGA :
150 Tim Futsal se-Kalsel Ikut Berlaga di Turnamen 525 CUP Kesultanan Banjar Champions Seasons II

Berita Terbaru