RSUD Ratu Zalecha Buka Layanan Kemoterapi dan Mammografi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Tingkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar tambah fasilitas penunjang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura.

Penambahan sejumlah fasilitas penunjang layanan kesehatan seperti ruang pelayanan kemoterapi, mammografi, poli tumbuh kembang, layanan Brain Evoked Response Auditory (BERA) tersebut langsung diresmikan Bupati Kabupaten Banjar, H Saidi Mansyur disaksikan seluruh jajaran direksi RSUD Ratu Zalecha dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti pelayanan kemoterapi, mammografi harus ke rumah sakit yang ada di Kota Banjarmasin. Sekarang, pelayanan tersebut sudah bisa didapatkan di RSUD Ratu Zalecha,” ujar Saidi Mansyur pada, Kamis (25/1/2024).

Dengan adanya penambahan layanan tersebut, lanjut Saidi lebih jauh, diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat yang ingin mendapatkan layanan pengobatan.

“Mudah-mudahan penambahan pelayanan ini dapat membawa manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Saidi Mansyur juga berpesan kepada direksi RSUD Ratu Zalecha Martapura agar terus memperhatikan maintenance barang. Sehingga pelayanan dapat berkelanjutan dan berjangka panjang.

“Tidak hanya pelayanan yang harus dimaksimalkan. Namun, barang-barang juga harus diperhatikan. Sehingga manfaat penggunaannya bisa dirasakan masyarakat dan seluruh jajaran rumah sakit,” imbaunya.

Turut serta menambahkan, Riswan Arisandi selaku Dokter Spesialis Darah dan Kanker mengungkapkan bahwa pihaknya sudah dapat memberikan pelayanan terapi sistemik kemoterapi pada pasien kanker dengan telah diresmikannya penambahan beberapa layanan kesehatan tersebut.

“Khususnya pasien di Kabupaten Banjar saat ini, kalau diperhatikan insidensi kanker terus meningkat. Kalau harus dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin, tentunya harus menunggu antrean sekitar dua hingga tiga minggu untuk saat ini,” katanya.

BACA JUGA :
Sekda Terima Kunjungan Kerja BNN Kota Banjarbaru, Ini yang Dibahas

Dengan adanya pelayanan tersebut di RSUD Ratu Zalecha, papar dr Riswan, tentu dapat mempermudah pelayanan terhadap pasien kanker di Kabupaten Banjar. Terlebih RSUD Ratu Zalecha sudah ditunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai rumah sakit yang melayani pasien-pasien kanker.

“Selain RSUD Ulin, Rumah Sakit Hadji Boejasin Pelaihari, dan RS Kandangan. Kini Ratu Zalecha juga membuka layanan kemoterapi,” tutupnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top