Sekda Dapat Rapor ‘Merah’, Ketua DPRD Sebut Kurang Tepat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ketua DPRD Kabupaten Banjar, HM Rofiqi,

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, Mokhamad Hilman, mendapat penilaian kinerja ‘Sangat Kurang’ periode 2023 dari Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Banjar, HM Rofiqi, pun berkomentar. Katanya, pemberian nilai tersebut tidak keliru. Hanya saja kurang tepat.

Pernyataan tersebut diungkapkan politisi Gerindra ini usai mengetahui Sekda mendapatkan rapor ‘Merah’, Jum’at (29/3/2024) sekitar pukul 02.00 Wita dini hari kemarin, usai memimpin gelaran rapat paripurna.

“Bukan pemberian nilainya keliru, tapi mungkin lupa cara menulisnya. Karena salah satu dosen saya yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pernah mengatakan, beliau tidak bisa memberikan penilaian ‘B’ kepada muridnya, dan selalu memberikan nilai ‘A’. Sebab semasa beliau jadi mahasiswa selalu mendapatkan nilai ‘A’, sehingga tidak bisa menulis huruf ‘B’,” beber Rofiqi.

Terlebih, lanjutnya lebih jauh, Sekda Kabupaten Banjar bekerja sudah sangat profesional.

“Bahkan tingkat intelegensi Mokhamad Hilman sebagai Sekda sangat baik, karena memiliki pengetahuan yang sangat luas. Saya kira penilaian yang diberikan Bupati tidak tepat, apalagi roda Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjar peracik atau koki sebenarnya itu Sekda,” ujarnya.

Tak hanya itu, papar Rofiqi, selama jabatan Sekda diemban Mokhamad Hilman, roda pemerintahan di Kabupaten Banjar berjalan dengan lancar.

“Kalau diberi nilai ‘E’, saya rasa sangat tidak wajar. Menurut saya ini soal personal saja. Karena ini negara hukum, saya rasa langkah yang diambil Pak Sekda sudah tepat,” katanya.

Terlebih, sebelum mendapatkan rapor ‘Merah’, Mokhamad Hilman juga diberhentikan secara hormat sebagai Komisaris Utama (Komut) PTAM Intan Banjar melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa pada 11 Oktober 2023 lalu.

“Tapi saya tidak berani berspekulasi. Karena memang saya tidak tahu bagaimana di dalamnya. Yang jelas, di dalam hubungan bernegara antareksekutif dan legislatif, Sekda sudah bekerja sangat profesional. Bahkan, kawan-kawan sendiri kan melihat dalam beberapa periode Sekda memimpin Kabupaten Banjar hasilnya sangat bagus,” tuturnya.

BACA JUGA :
Pemilihan Ketua Komisi IV DPRD Banjar Akan Diundi?

Di tempat yang sama, Habib Idrus Al Habsyie selaku Wakil Bupati Kabupaten Banjar mengaku tidak mengetahui adanya persoalan tersebut.

“Saya tidak tahu permasalahannya, karena saban hari melakukan kegiatan Safari Ramadhan. Tapi, kita doakan saja mudah-mudahan ada jalan terbaik,” tutupnya.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top