PKB dan NasDem Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Banjar secara resmi membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Penjaringan atau penerimaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banjar telah dibuka Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Banjar secara resmi sejak 24 April 2024 kemarin.

Begitu dibuka, beberapa politisi senior terlihat mendaftarkan diri dengan mengambil formulir pendaftaran ke panitia DPC PKB. Termasuk Ketua DPC PKB Kabupaten Banjar Muhammad Zaini. Serta satu orang mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Bupati.

Ketua DPC PKB Kabupaten Banjar, Muhammad Zaini mengatakan, DPC PKB telah menerima beberapa politisi senior yang menyatakan mendaftarkan diri untuk maju sebagai bakal calon Bupati Banjar di Pilkada 2024, baik secara online maupun offline.

“Sudah ada yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Banjar. Yakni Heru Pribadi Jaya, Akhmad Zacky Hafizie, Nasrul AR, dan Habib Farhan Husein. Sedangkan Rizki Rifsiyanda mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati Banjar,” ujarnya, Senin (6/5/2024).

Muhammad Zaini yang kembali terpilih sebagai anggota legislatif DPRD Kabupaten Banjar pada Pileg 2024 lalu juga mengungkapkan, sesuai arahan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), penjaringan bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024 terbuka untuk umum. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki bakal calon kepala daerah agar bisa diusung PKB.

“Adapun kriteria yang harus dipenuhi, yakni sang calon harus punya kualitas, kapabilitas, dan integritas yang cukup. Serta yang tidak kalah penting punya elektabilitas,” ucap Zaini yang ikut mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati.

Tak hanya Partai Politik (Parpol) PKB. Penjaringan atau penerimaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Kabupaten Banjar juga telah dibuka DPC NasDem Kabupaten Banjar terhitung sejak 1 hingga 7 Mei 2024 besok.

BACA JUGA :
Setelah Serang, Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di Martapura

Selain H Saidi Mansyur sebagai petahana yang secara resmi kembali mendaftarkan diri sebagai kandidat calon kepala daerah pada Pilkada yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang, salah satu politisi senior dari Parpol lainnya juga telah mengambil berkas formulir pendaftaran ke DPC NasDem Kabupaten Banjar. Yakni Politisi PPP Akhmad Zacky Hafizie yang saat ini masih menduduki kursi Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Banjar. Serta Camat Aranio, Dedy Kurniadi, yang turut mendaftarkan diri sebagai Wakil Bupati.

Agar dapat melenggang di Pilkada Kabupaten Banjar, tentunya kedua Parpol tersebut, yakni PKB yang hanya memperoleh 5 kursi di DPRD, dan Partai NasDem yang hanya memperoleh 7 kursi pada Pileg 2024 lalu, harus melakukan koalisi dengan Parpol lainnya agar dapat mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Banjar.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top