Akomodir Aspirasi Masyarakat, Rehab Jembatan Desa Kaliukan Rampung

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar telah merampungkan rehab jembatan Desa Kaliukan

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Jembatan dengan kontruksi kayu ulin yang tampak lapuk di RT02, Desa Kaliukan, Kecamatan Astambul, telah direhabilitasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, Jimmy, kegiatan rehabilitasi jembatan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Banjar untuk mengakomodir aspirasi masyarakat yang telah disampaikan.

“Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) jembatan ini diterbitkan pada 18 April 2024 lalu, dengan lama waktu pelaksanaan 120 hari kalender. Alhamdulillah, untuk pekerjaan di lapangan sudah 100% pada 29 Mei kemarin kalau tidak salah,” ujarnya, Jum’at (31/5/2024).

Proyek rehabilitasi jembatan sudah dilakukan finishing oleh penyedia, yakni CV Bangun Cipta Sarana, dengan nilai kontrak Rp493.281.000 yang bersumber dari APBD 2024. Namun, jembatan dengan kontruksi beton itu masih belum dapat dilintasi kendaraan roda empat.

“Karena masih menunggu usia beton selama satu bulan. Karena itu kita meminta pihak penyedia jasa berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) setempat, agar membuat pembatas atau penghalang jalan, agar tidak dilintasi kendaraan roda empat,” katanya.

Sedangkan untuk metode pengerjaannya, lanjut Jimmy menjelaskan, yakni melakukan pancang galam dan melakukan pabrikasi besi menyerupai box culvert dengan panjang jembatan kurang lebih 4 meter, lebar sekitar 3,5 meter.(zai/klik)

 

 

BACA JUGA :
Cabang Olahraga Diminta Tetap Latihan

Berita Terbaru

Scroll to Top