Bimtek Penyusunan Renstra, Sekda: Jika Ada Kendala, Diskusikan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman membuka bimbingan teknis (bimtek) penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Kabupaten Banjar 2021 – 2026, Sabtu (25/9/2021) di salah satu hotel ternama di Banjarbaru.

Dikatakan Sekda Hilman, penyusunan renstra untuk periode lima tahunan diikuti para kepatersebut berpedoman pada Permendagri Nomor 54/2010. Dan melalui bimtek yang diselenggarakan, akan sangat membantu Satuan Oerganisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam penyusunan nantinya.

Karena itu kepada para peserta bimtek Hilman berpesan agar mengikutinya serius dan menyerap berbagai materi yang dipaparkan narasumber. Karena ada sejumlah narasumber dihadirkan, termasuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) RI.

“Jika ada kendala yang ditemui dalam penyusunan renstra ini maka dapat dibicarakan dalam forum diskusi, agar kendala tersebut bisa teratasi dan dikemudian hari seluruh Rencana Strategis yang dibuat sesuai dengan kaidah dan rumus penyusunan yang benar,” kata Hilman.

Ananda Juarsa, narasumber dari KemenpanRB RI dalam kesematan tersebut memaparkan, pedoman khusus dalam penyusunan renstra agar sesuai dengan fungsi masing – masing SOPD. Di antaranya sebagai awal adalah dengan membuat pohon kinerja dan pemberdayaan SDM yang berkualitas, kemudian prensentase SDM yang bersertifikat.

“Indikator yang ditetapkan harus terukur dengan baik dan mandiri, menetapkan output serta data valid yang disajikan Perangkat Daerah, diantaranya, siapa melakukan apa,” ujarnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Kembangkan Bakat Siswa-siswi, MAN 2 Banjar Gelar Class Meeting

Berita Terbaru

Scroll to Top