Bimtek ‘Renduk KAMI’, Kepala DKSIP: Tingkatkan Pengamanan Informasi Lingkup SKPD

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKSIP) Kabupaten Banjar melaksanakan Bimbingan Teknis (Teknis) Rencana Induk Keamanan Informasi (Renduk KAMI) di aula kantor dinas setempat di Martapura, Rabu (18/5/2022).

Kepala DKSIP Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith saat membuka teknis mengatakan berdasarkan laporan BSSN, sepanjang 2021, telah terjadi 1,6 juta anomali atau percobaan serangan siber ke infrastruktur IT di Indonesia. Diantaranya serangan berupa Web Defacement atau perubahan halaman website secara ilegal oleh hacker.

Menindaklanjuti itu, ujar Basit sesuai amanat UU 23/2014, diselenggarakan kegiatan Persandian Pengamanan Informasi lingkup Pemkab Banjar yang menjadi tupoksi DKISP, ”Diharapkan dengan dilaksanakannya bimtek ini, para peserta tidak hanya dapat memahami apa yang dimaksud dengan indeks KAMI, bagaimana proses pelaksanaan audit, tetapi juga dapat mengetahui bagaimana langkah untuk meningkatkan kualitas pengamanan informasi di lingkup SKPD,” harapnya.

Senada, Kepala Bidang Penyelenggaraan E Government, Cornelius Kristyanto yang menjadi narasumber bimtek menjelaskan, salah satu usaha DKISP Banjar untuk meningkatkan keamanan informasi adalah melaksanakan audit Indeks Keamanan Informasi atau Indeks KAMI.

”Indeks KAMI adalah sebuah tools untuk mengukur dan mengevaluasi tingkat pengamanan sistem informasi dan aplikasi yang ada di instansi, sehingga nantinya hasil Audit Indeks KAMI dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan penyusunan perencanaan peningkatan kualitas keamanan informasi di seluruh SKPD,” kata Cornelius. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Ketua DPRD: Kesadaran Masyarakat Akan Bahaya Virus Korona Masih Kurang
Scroll to Top