Tilang Elektronik Segera Diaktifkan di Kabupaten Balangan, Masyarakat Diimbau Taati Aturan Lalulintas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
ARUS LALULINTAS-Suasana arus lalu-lintas di depan kantor Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik mulai diaktifkan di Kabupaten Balangan pada Selasa (20/08/2024), sehingga masyarakat dimbau untuk menaati peraturan berlalu-lintas.

“Insya Allah, besok tilang elektronik mulai diberlakukan. Semua alat pendukung sudah terpasang di tiga titik, yakni di bundaran Paringin, depan Masjid Al-Akbar, dan di depan Kantor Kecamatan Batumandi,” ujar Kasatlantas Polres Balangan, Iptu Simon Jumadi di Parsel, Balangan, Senin (19/08/2024).

Simon mengatakan, jenis pelanggaran yang akan ditilang melalui E-TLE ini di antaranya adalah pengendara roda dua yang tidak memakai helm, memakai spion, dan plat kendaraan bermotor yang mati.

Kemudian, kata Simon, untuk pengendara roda empat yang akan kena tilang elektonik adalah sopir dan penumpang yang tak memakai sabuk pengaman, nomor polisi, dan plat yang mati.

Selain itu, terang Simon, sekarang pelaksanaan tilang elektronik belum diberlakukan karena masih belum terintegrasi ke sistem Koorlantas Polri, sehingga menunggu peluncuran bersama empat kabupaten lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Sementara belum diberlakukan penilangan itu, karena kita masih menunggu arahan dari Koorlantas Polri untuk peluncuran E-TLE ini dengan kabupaten lain pada tahun 2024 ini juga,” tutur Simon.

Namun, tambah Simon, ke depannya nanti akan dicoba terlebih dahulu dihubungkan dengan kamera pengawas milik Pemkab Balangan agar memudahkan pihaknya dalam mengawasi bersama kalau misalnya ada terjadi kecelakaan dan pencurian.

“Saya mengimbau kepada seluruh Masyarakat di Kabupaten Balangan, setelah adanya E-TLE ini, pengendara baik itu roda dua maupun empat kalau keluar dari rumah harus membawa kelengkapan berkendaraannya,” pesan Simon.(pr/klik)

BACA JUGA :
Wujudkan Pemilu 2024 Lebih Baik, Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengawasan Pemilu Harus Dibangun
Scroll to Top