Bupati Serahkan Penghargaan Nugraha Jasa Dharma Pustaloka

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MENYERAHKAN - Bupati Banjar menyerahkan Penghargaan Nugraha Jasa Dharma Pustaloka untuk Yayasan Islam Dalam Pagar yang telah merawat baik kitab peninggalan Datu Kalampayan. Foto: zai/klik

KLIKKALIMANTAN.COM – Yayasan Pendidikan Islam Dalam Pagar menerima penghargaan Nugraha Jasa Dharma Pustaloka Pelestarian Naskah Kuno dari Perpustakaan Nasional RI. Bupati Banjar H Khalilurrahman menyerahkan penghargaan tersebut usai apel gabungan, Senin (24/9/2018) di pelataran Kantor Bupati Banjar, Jalan A Yani KM 40 Martapura.

Mufida Zein, perwakilan Yayasan Pendidikan Islam Dalam Pagar mengatakan, penghargaan diberikan atas upaya yayasan menjaga dan memelihara peninggalan bersejarah Seykh Maulana Arsyad Al-Banjari.

Beberapa peninggalan ulama yang masyur dengan panggilan Datu Kalampayan yang masih terpelihara baik dengan pola laminasi ini di antaranya; Sabilal Muhtadin, Luqtah Al Aj’lan, Kitabun nikah, dan Al-Qur’an 30 juz.

“Jika tidak dilaminasi akan hancur. Dan kedepannya akan mengupayakan pemeliharaan agar lebih baik lagi,” kata Mufida Zein yang juga menjabat Direktur Politeknik Tanah Laut.

Diakuinya, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Syarief Bando menyarankan, mengganti sistem laminasi. Namun menurut Mufida, jika laminasi dibuka, dikawatirkan kitab rusak karena usianya yang sudah ratusan tahun.

Tentang penghargaan yang diberikan, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan apresiasi atas upaya yayasan merawat naskah kuno peninggalan Datu Kalampayan dengan baik. (adv/klik)

BACA JUGA :
Apel Kerja Gabungan, Rakhmat Dhani: Reformasi Birokrasi Bukan Sekadar Program Rutin

Berita Terbaru

Scroll to Top