Bayar PBB Kini Bisa Online di Tokopedia

MUDAH - Tokopedia merilis fitur baru untuk mempermudah warga pembayaran PBB secara online. Menjalin kerjasama strategis dengan Pemprov Kalimantan Selatan fitur baru pembayaran PBB online juga berkontribusi meningkatkan penerimaan daerah di masa pandemi.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Warga Banua yang ingin membayar Pajak Bumi dan Bagunan (PBB) kini kian dimudahkan. Karena membayar PBB kini dapat dilakukan daring melalui gawai di tangan.

Tokopedia, salah satu situs e-commerce ternama resmi menjalin kemitraan strategis dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan, menghadirkan fitur pembayaran PBB yang bisa dinikmati masyarakat Kalimantan Selatan secara online.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia, Astri Wahyuni, mengungkapkan, Tokopedia terus berupaya mempermudah masyarakat, salah satunya Kalimantan Selatan, tetap memenuhi kewajiban perpajakannya sekaligus berkontribusi meningkatkan penerimaan daerah, utamanya di tengah pandemi sekarang.

“Pada kesempatan ini, Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang bekerja sama langsung dengan Pemprov Kalsel untuk menghadirkan fitur pembayaran PBB secara online,” kata Astri, Senin (29/6/2020).

Sebelumnya, Tokopedia telah menghadirkan fitur PBB online ini di berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah. Kemudahan ini terbukti mendorong kesadaran masyarakat akan membayar PBB. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai transaksi fitur PBB, salah satunya Jawa Tengah, menjadi lebih dari 13 kali lipat selama bulan April 2020 dibandingkan bulan sebelumnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Tokopedia untuk menghadirkan fitur pembayaran PBB online. Kolaborasi ini adalah salah satu upaya bersama untuk mempermudah masyarakat membayar pajak dimanapun dan kapanpun. Harapannya, fitur ini dapat mendorong lebih banyak masyarakat Kalimantan Selatan membayar pajak dengan lebih mudah dan cepat sehingga secara langsung dapat menjaga perputaran roda ekonomi daerah bahkan di tengah pandemi.”

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, mengungkapkan, “Kami turut mendukung kolaborasi antara Tokopedia dengan Pemprov Kalsel sebagai wujud komitmen kami untuk menjadi bagian dari pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari pembayaran pajak masyarakat dengan Transaksi Non Tunai. Melalui kemitraan yang memanfaatkan teknologi, Bank Kalsel selalu berupaya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pembayaran pajak PBB sehingga masyarakat tetap dapat memenuhi kewajiban perpajakan dimana saja dan kapan saja, bahkan di tengah pandemi.”

BACA JUGA :  Tak Setuju Pilkada di Tengah Pandemi, Bakal Calon Kepala Daerah Ramai-ramai Mundur dari Pencalonan

Masyarakat yang ingin menikmati layanan ini dapat memasukkan nomor pembayaran/nomor pokok objek pajak/SPPT PBB di halaman yang sudah disediakan serta memilih kota/kabupaten yang ingin dibayarkan dalam platform Tokopedia dan nilai tagihan akan muncul. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran, termasuk transfer antar bank, dompet digital dan sebagainya.

Selain membayar PBB secara online, masyarakat juga dapat menemukan berbagai pilihan produk digital lainnya di Tokopedia, mulai dari beli pulsa, tagihan air, listrik hingga premi asuransi dan masih banyak lagi.

“Tokopedia ke depannya akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai mitra strategis, termasuk pemerintah Kalimantan Selatan dan daerah lainnya, untuk memaksimalkan potensi penerimaan negara sebagai jembatan pemerataan ekonomi secara digital,” tutup Astri. (to/klik)