100 Persen Selesaikan Aduan Masyrakat di 2021, ‘Lapor Manis’ Diapresiasi Kementerian

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menggelar melakukan evaluasi dan pemantauan via daring atas pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengeduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Onlin Rakyat (Lapor) pada kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (22/9/2021).

Pada evaluasi tersebut, Lapor Manis Kabupaten Banjar mendapat apresiasi dari KempanRB, juga Gubernur Kalimanta Selatan, H Sahbirin Noor. Apresiasais diberikan lantaran layanan aduan SP4N Lapor Manis Kabupaten Banjar cukup banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aduan dan aspirasi layanan publik.

Terbukti hingga kini, sudah diterima 771 pengaduan masyarakat. Dari jumlah pengaduan tersbeut, 99,1 persen sudah terselesaikan. Dan pada 2021, ada 77 pengaduan diterima. Dari jumlah itu telah terselesaikan 100 persen. “Kami sangat mengapresi apa yang telah dilakukan oleh pengelolaan Lapor daerah ini,” ujar Yanuar Ahmad dari KemenpanRB.

Begitu pula dengan terobosan Kabupaten Banjar yang mengenalkan portal layanan aduan ini kepada para santri melalui program ‘Lapor Manis Goes To Pesantren’, juga mendapat apresiasi dari KemenPANRB. “Hanya saja perlu konsep yang lebih matang agar inovasi tersebut bisa meningkatkan daya ungkit untuk layanan aduan ini,” ujarnya

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith yang mengikuti evaluasi dari Command Center Manis di Martapura menyampaikan, pengelolaan ‘Lapor Manis’ seiring dengan komitmen Bupati/Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyie untuk menerima masukan dan mengetahui kebutuhan masyarakatnya.

“Tentunya selaku admin Lapor Manis, kami Dinas Kominfo juga berterima kasih atas partisipasi dan kesungguhan SKPD dalam menrespon dan menindaklanjuti aduan masyarakat. Sehingga semua aduan bisa diselesaikan,” ujar Basith yang didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Pengelolaan IKP, M Hamdani dan Admin Utama SP4N lapor Manis, Rizal. (to/klik)

BACA JUGA :
Tak Sanggup Tanggulangi Bencana, Rofiqi Sarankan Mundur

Berita Terbaru

Scroll to Top