Praktik Ekologi Meningkatkan Keilmuan Fasilitator Sekolah Alam Al-Tamar Balangan, H Tamrin: Siswa Ditanamkan Sikap Menjaga Alam

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
DUDUK-Pembina Yayasan Al-Tamar Balangan, H Tamrin duduk di antara fasilitator dan pemberi materi saat menghadiri kegiatan capacity building peningkatan kompetensi dan pengembangan sekolah berbasis lingkungan di Kecamatan Parsel, Kabupaten Balangan.(diskominfosan/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN-Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) fasilitator serta para pendidiknya, SD Alam Al-Tamar menggelar kegiatan capacity building dalam rangka peningkatan kompetensi dan pengembangan sekolah berbasis lingkungan tersebut di Kecamatan Paringin Selatan (Parsel), Kabupaten Balangan, Senin (22/4).

Pembina Yayasan Al-Tamar Balangan, H Tamrin mengatakan, melalui kegiatan tersebut fasilitator sekolah alam ini hendak mendapatkan suntikan pengetahuan, pengalaman, dan praktik dari para praktisi yang sengaja kami didatangkan dari Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, untuk dapat berbagi keilmuan dan praktik tentang ekologi.

“Sebab hal itu penting mengingat sekolah alam Al-Tamar yang selalu menanamkan kepada seluruh siswa-siswinya untuk menjaga alam, makanya berbagai macam teknologi maupun ilmu terapan tentang ekologi harus dikuasai,” ujar H Tamrin.

Tak hanya itu, tambah Tamrin, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah khazanah keilmuan dan praktik bagi fasilitator di sekolah alam Al-Tamar. Apalagi, kegiatan ini telah menjadi sebuah misi sekolah alam Al-Tamar agar nantinya fasilitator pada saat melayani, memfasilitasi siswa-siswi mereka telah memiliki kemampuan dalam hal keilmuan dan praktik tentang ekologi tersebut.

“Apabila nantinya siswa-siswi ingin melakukan praktikum atau mendapatkan permasalahan di lapangan, maka fasilitatornya bisa mengarahkan, membantu, asistensi dan penanganannya tepat sasaran yang berlandaskan keilmuan serta pengetahuan,” jelas Tamrin.

Namun demikian, lanjut Tamrin, langkah sekolah berbasis alam SD Al-Tamar ini tak sekadar ekologi, tetapi lebih jauh lagi adalah memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Balangan menjadi lebih berkualitas dan dapat setara-bahkan lebih baik lagi dari kabupaten tetangga lainnya di Banua Enam.(pr/klik)

BACA JUGA :
Satpol PP Beri Teguran PKL Berdagang di Bahu Jalan Eks Pasar Bauntung

Berita Terbaru

Scroll to Top