Dari Perbaikan 143 Unit Sekolah, Disdik Sudah Rampungkan 15 Unit

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui Dinas Pendidikan (Disdik), telah merampungkan perbaikan dan peningkatan infrastruktur 15 unit bangunan sekolah, guna menunjang kegiatan belajar-mengajar di tahun 2023 ini.

Kepala Disdik Kabupaten Banjar, Liana Penny, melalui Jenita Adistya Putri selaku Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana (Sarpras) mengatakan, dari total 143 unit sekolah yang dilakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur, sebanyak 15 unit sekolah sudah rampung dikerjakan dan dilakukan Provisional Hand Over-PHO (Serah Terima Sementara Pekerjaan).

“Diantaranya pengerjaan halaman sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Az-Zahra Banua Anyar St, pembangunan toilet dan ruang perpustakaan SDN Kelampayan Ilir 2, Kecamatan Astambul, pembangunan pagar SDN Sungai Rangas Ulu, Kecamatan Martapura Barat. Serta pengerjaan paving jalan SMP Negeri 2 Sungai Tabuk, dan SMP Negeri 1 Sungai Tabuk,” ujarnya, Selasa (29/8/2023).

Kabid Sarpras yang akrab disapa Jenita ini melanjutkan, untuk proyek pembangunan SDN Pekauman 2 di Jalan Kertak Baru, Kecamatan Martapura Timur, yang dikerjakan CV Jember Jaya dengan sistem konsulidasi selama 180 hari kalender, masih berlangsung.

“Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) terbit pada 14 Juli lalu, dan ditargetkan rampung di 24 Desember 2023. Jadi, ada pengerjaan dua bangunan baru disana, yakni pembangunan ruang perpustakaan dan laboratorium komputer. Sedangkan untuk ruang kelas, toilet, dan ruang guru dilakukan rehab. Untuk rehab ruang guru dilakukan Penunjukan Langsung (PL),” ucapnya.

Tak hanya itu, Jenita juga membeberkan terkait progres pembangunan dan rehabilitasi bangunan SDN Pekauman 2 yang menggelontorkan dana sebesar Rp1,6 Miliar tersebut.

“Untuk progres pembangunan ruang perpustakaan sudah di 73,2 persen, laboratorium 28,72 persen, ruang kelas 2,4 persen, pembangunan toilet masih belum. Dan rata-rata kendala yang dihadapi penyedia jasa di lapangan dengan sistem konsolidasi ini, yakni akses peletakan material. Karena lahannya sempit, sehingga mereka harus menyelesaikan satu pekerjaan dulu, sehingga dapat menaruh material lainnya,” jelasnya.

Selain membeberkan progres pembangunan SDN Pekauman 2. Jenita juga menyampaikan progres pembangunan di SDN Pasar Jati 3 dengan nilai kontrak sebesar Rp1.187.194.000 yang dikerjakan CV Aulia Rahman dengan sistem konsolidasi selama 170 hari kalender.

“Untuk progres pembangunan ruang guru sudah mencapai 54 persen, ruang laboratorium 49,06 persen, dan ruang kelas 37,81 persen. Sedangkan untuk ruang inklusif sudah rampung dibangun,”  katanya.

Seperti diberitakan klikkalimantan.com sebelumnya, untuk SPMK pembangunan SDN Pasar Jati 3 diterbitkan pada 6 Juli 2023 lalu dengan beberapa item pekerjaan, yakni pembangunan ruang guru, ruang kelas, ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), WC, dan Perpustakaan.(zai/klik)

 

BACA JUGA :
Sepanjang 2020, Jajaran Satlantas Polres Banjar Tangani 69 Kasus Lakalantas

Berita Terbaru

Scroll to Top