Grand Final ‘Festival Becatuk Dauh’, Wabup: Tak Sekadar Menghidupkan Kembali Tradisi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Wabup Banjar, Habib Idrus Al Habsyi

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Festival Becatuk Dauh dihelat Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar di RTH Alun-alun Ratu Zalecha pungkas, Selasa (26/3/2024) malam. Grup Islahul Ummah dari Murung Keratn, Kecamatan menjadi yang terbaik dan berhak membawa pulang piala bergilir Bupati Banjar.

Wakil Bupati (Wabup) Banjar, Habib Idrus Al Habsyi yang hadir saat malam grand final sekaligus menutup kegiatan mengatakan, festival ini tidak hanya menghidupkan kembali tradisi memukul bedug atau becatuk dauh, tetapi juga mengangkat kearifan lokal serta nilai-nilai luhur terkandung di dalamnya

“Kita menyadari dalam era globalisasi seperti sekarang ini, menjaga dan melestarikan budaya lokal menjadi suatu keharusan yang tidak bisa diabaikan. Melalui festival ini kita berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk turut aktif dalam melestarikan budaya dan tradisi islami yang ada sejak dahulu,” kata Habib Idrus.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar, Irwan Jaya dalam laporannya meminta dukungan seluruh pihak agar tradisi becatuk dauh ini tetap terjaga melalui komitmen bersama, support disegala aspek. Baik pembinaan informal di wadah organisasi masyarakat maupun pelestarian eksistensinya diberbagai even lomba

“Jika diizinkan Disbudporapar selaku panitia pelaksana festival akan mencoba mengemas even lomba ini menjadi lebih baik lagi dalam level provinsi, jika perlu dalam level nasional,” kata Irwan Jaya. (to/klik)

BACA JUGA :
BPD Teluk Selong Ulu Yakin Dapat Bersinergi dengan Kepala Desa

Berita Terbaru

Scroll to Top